Selasa, 10 Mei 2011

Soal IPS XI TKR 2 ke-4

BAB III EVALUASI
1.      Soal Pilihan
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e sebagi jawaban yang tepat!
1.  Masyarakat Indonesia yang multikultural, memiliki struktur sosial yang beragam, memiliki perbedaan-perbedaan dalam hal selera, nilai dan norma sangat berpotensi menimbulkan … .
a.    konflik
b.   perubahan sosial
c.    perubahan kebudayaan
d.   kegoncangan budaya
e.    kerja sama
2.     Konflik tingkat ideology dan konflik tingkat politik merupakan bentuk konflik sosial berdasarkan … .
a.       tingkatnya
b.      jenisnya
c.       macamnya
d.      sifatnya
e.       penyebabnya
3.   Terjadi pertentangan antara norma-norma yang ada di dalam masyarakat merupakan salah satu gejala awal terjadinya … .
a.  konflik
b.   disintegrasi
c.   reintegrasi
d.   arbitrasi
e.   mediasi
4.   Pada tahap lebih lanjut pola kehidupan disintegrasi akan menimbulkan gejala kehidupan sosial yang … .
a.  normal
b.  tidak normal
c.   selaras
d.   serasi
e.   seimbang
5.   Alternatif pemecahan masalah konflik tingkat ideologi masing-masing suku, kelas sosial dan ras hendaknya mampu mengembangkan … .
a.    akses membangun kehidupan demokrasi
b.     partisipasi dari kelompok minoritas
c.     perasaan saling menghargai
d.     sifat etnosentris masing-masing suku
e.      prinsip-prinsip keadilan dan keujuran
6.   Kelompok etnis yang berbeda secara bertahap dapat mengadopsi budaya dan nilai yang ada dalam kelompok besar masyarakat. Hal ini terjadi melalui pola hubungan proses … .
a.    integrasi
b.   self segregation
c.    difusi
d.   asimilasi
e.    akulturasi
7.        Hasrat dan kesadarn untuk bersatu sebagai satu bangsa yaitu bangsa Idonesia disebut … .
a.    integrasi nasional
b.   konsensus nasional
c.    loyalitas nasional
d.   interaksi sosial
e.    kontak sosial
8.       Salah satu alternatif pemecahan masalah akibat keberagaman budaya adalah penanaman sikap toleransi dan empati sosial khususnya melalui lembaga … .
a.   pemerintahan
b.  perkawinan
c.  keagamaaan
d.  kemasyarakatn
e.  pendidikan
9.        Salah satu faktor penunjang integrasi nasional Indonesia adalah … .
a. adanya faktor sejarah yang menimbulkan rasa senasib seperjuangan
b.  adanya pengendalian social yang berfungsi baik dalam masyarakat
c.  terjadinya proses-proses sosial dalam interaksi sosial yang bersifat disosiatif
d.  adanya perasaan primordialisme yang sangat kuat
e.  dibukanya akses seluas-luasnya untuk mengembangkan kehidupan demokrasi
10.    Unsur yang penting dalam integrasi nasional adalah … .
a.   menghargai perbedaan
b.  memahami keragaman budaya
c.  sikap torelansi dan empati
d.   kesadaran dan kemauan bersatu
e.   adanya rasa cinta tanah air
11.     Salah satu faktor penghambat integrasi nasional di Indonesia adalah … .
a.  adanya paham etnosentrisme
b.  adanya keinginan untuk bersatu
c.  adanya kesepakatn nasional
d.  adanya pola-pola hubungan sosial
e.   kelebihan dan kekurangan yang dimiliki suku-suku bangsa.
12.    Upaya pemerintah dalam menciptakan integrasi adalah … .
a.    membuka daerah terisolir melalui pembangunan sarana transportasi dan komunikasi
b.   menambah frekuensi perkawinan campur antar suku
c.    menciptakan kreasi baru bentuk kebudayaan
d.   mengembangkan konsensus nasional mengenai nilai-nilai kemasyarakatan
e.    mengembangkan peran struktur masyarakat yang bersifat saling menyilang
13.    Melakukan pemindahan penduduk secara terprogram melalui transmigrasi merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan … .
a.       kesatuan budaya bangsa
b.      partisipasi dalam pembangunan
c.       pola-pola kehidupan sosial yang serasi
d.      solidaritas nasional
e.       integrasi nasional
14.   Bahasa Indonesia sebagai perwujudan budaya dan bahasa nasional memiliki fungsi diantaranya adalah … .
a.    identitas bangsa
b.   benda kebudayaan
c.    landasan ideology
d.   acuan pola perilaku bangsa
e.    cermin kepribadian bangsa
15.   Arena atau forum perwujudan integrasi nasional bisa dilaksanakan melalui berbagai jalan antara lain … .
a.    lembaga politik dan pemerintahan
b.   lembaga erkawinan
c.    lembaga keagamaan
d.   kelompok kemasyarakatan
e.    kelompok sosial
16.     Contoh lembaga politik sebagai forum perwujudan interasi nasional adalah ….
a.    Majelis Permusyawaratan Rakyat
b.   Dewan Perwakilan Rakyat
c.    Organisasi kemasyarakatan
d.   Lembaga Swadaya Masyarakat
e.    Partai politik
17.     Salah satu peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antar budaya adalah … .
a.     melestarikan puncak-puncak kebudayaan bangsa yang berkembang di daerah-daerah
b.     memupuk kesadaran bersejarah dalam aspirasi terhadap warisan budaya
c.     penyebarluasan informasi kebudayaaan lewat peragaan benda-benda budaya
d.     mengenal lebih dekat tentang peristiwa serta pelaku sejarah bangsanya
e.      meningkatkan apresiasi terhadap kesenian
18.   Diperlukan adanya kebudayaan yang bermutu tinggi, lebih beradab yang dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang merupakan peran … .
a.       umat manusia
b.      masyarakat
c.       pemerintah
d.      organisasi kemasyarakatan
e.       lembaga pendidikan
19.   Penyebarluasan informasi kebudayaan terutama lewat pameran dan peragaan benda-benda budaya di gedung-gedung museum merupakan program … .
a.   kesejarahan
b.   kepurbakalaan
c.   permusiuman
d.   kesenian
e.    perpustakaan
20.     Program yang bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya bangsa di masa lampau, maupun masa sekarang adalah program … .
a.  pengembangan kesenian
b.  kerja sama lintas sektoral
c.  inventarisasi kebudayaan
d.  pembinaan penghayatan kepercayaan
e.  pembukuan dan perpustakaan

1.      Soal Uraian!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.  Jelaskan mengapa konflik terjadi dalam masyarakat?
2.  Jelaskan macam-macam konflik berdasarkan jenisnya!
3.  Kemukakan beberapa gejala awal desintegrasi.
4.  Jelaskan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat akibat disintegrasi
5.  Deskripsikan dua langkah yang harus dilakukan sebagai alternatif pemecahan masalah yang ditimbulkan oleh keberagaman budaya!
6.   Kemukakan fagtor-faktor yang menunjang integrasi nasional Indonesia!
7.   Deskripsikan langkah-langkah menuju integrasi!
8.   Kemukakan upaya-upaya yang dilakkan pemerintah dalam menciptakan integrasi!
9.   Deskripsikan 5 (lima) pesan masyarakat dalam menjaga kelestarian antar budaya!
10. Jelaskan mengapa kita perlu mengembangkan sikap kritis terhadap nilai-nilai budaya.
1.               Mari Mengecek Kemampuan
Isilah titik-titik berikut ini dengan jawaban yang tepat!
1. Keberagaman kebudayaan suku bangsa merupakan potensi untuk menumbuhkan … dan … .
2. Keberagaman budaya suku bangsa rentan terjadinya … .
3. Gejala disintegrasi diantara bangsa Indonesia dapat dicegah apabila ada rasa saling … .
4. Keragaman budaya Indonesia merupakan dasar pengembangan identitas bangsa dan … .
5. Dalam masyarakat multikultural diperlukan sikap … dan … dari setiap anggota masyarakat.
6. Toleransi sosial adalah sikap saling menghargai … yang ada dalam masyarakat.
7. Kita harus meninggalkan sikap primordialisme terutama yang menjurus pada sikap … dan … .
8. Melalui sikap saling menghargai kebudayaan suku bangsa yang berbeda dapat memperkokoh … dan … .
9. Dalam mengembangkan kebudayaan bangsa perlu ditumbuhkan dan dilestarikan nilai budaya … .
10.Dalam menyerap kebudayaan asing kita harus bersikap … .

Soal IPS XI TKR 2 ke-3

EVALUASI
1.      Soal Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang tepat di bawah ini dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e!
1.   Seluruh tingkah laku anggota suatu masyarakat merupakan cermin dari kebudayaan yang mereka anut sehingga kehidupan masyarakat selalu berkaitan dengan … .
a.       kebudayaan
b.      materi
c.       pekerjaan
d.      mata pencaharian
e.       lingkungan

2.      Kebudayaan yang dimiliki suatu masyarakat di suatu tempat berbeda dengan kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat di tempat lain. Hal ini menyebabkan timbulnya … .
         a.       perbedaan kebudayaan
         b.      keunikan kebudayaan
          c.       kebudayaan universal
         d.      mata pencaharian
         e.       lingkungan

3.      Suku Baduy dan Tengger mendiami pulau … .
          a.       Sumatera
          b.      Jawa
         c.       Bali
        d.      Nusa Tenggara Barat
        e.       Maluku
4.  4.  Letak geografis, keadaan tanah, iklim, cuaca, flora dan fauna yang berada di sekitar manusia disebut  lingkungan … .
a.       alam
b.      geologis
c.       sosial
d.      budaya
e.       biotik

5.      Kondisi lingkungan geografis yang berbeda-beda menyebabkan setiap suku bangsa memunyai pola-pola adaptasi kebudayaan tersendiri terhadap lingkungan. Hal ini melahirkan … .
a.    kesemestaan budaya
b.      cara kebudayaan yang khas
c.       kebudayaan lokal
d.      gaya hidup sendiri-sendiri
e.       tradisi kekeluargaan yang sangat erat
6.      Masyarakat yang tinggal di derah pegunungan memakai bentuk rumah yang … .
a.       beratap sedang, banyak jendela
b.      beratap tinggi, banyak jendela
c.       agak rendah, beratap seng dan sedikit jendela
d.      berjendela banyak, beratap seng
e.       beratap gendeng, bentuk rumah tinggi
7.      Tradisi sedekah laut umumnya dimiliki oleh masyarakat yang tinggal di daerah … .
a.       pegunungan
b.      lembah
c.       dataran rendah
d.      padang pasir
e.       pantai
8.      Lingkungan sosial turut memengaruhi terhadap pembentukan … .
a.       kebudayaan masyarakat
b.      peradaban manusia
c.       kebudayaan lokal
d.      kepribadian bangsa
e.       kepribadian individu
9.      Tiap-tiap lingkungan sosial dam budaya mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Hal ini tercermin dalam … .
a.       kebiasaan sehari-hari para anggotanya
b.      bentuk rumah masyarakat
c.       peralatan hidup anggota masyarakat
d.      sistem mata pencaharian
e.       bahasa sehari-hari anggota masyarakat
10.  Semua bidang kehidupan sosial masyarakat pedesaan selalu terikat dengan mata pencaharian pertanian sehingga kebudayaan masyarakat pedesaan adalah kebudayaan … .
a.       industri
b.      agraris
c.       nelayan
d.      perdagangan
e.       jasa
11.  Masyarakat suku terasing adalah masyarakt terisolasi karena … .
a.       tingkat kebudayaan masih sangat bersahaja
b.      bersifat terbelakang da tertinggal
c.       lingkungan geografis
d.      lingkungan sosial budaya
e.       keterbatasan kemampuan berkomunikasi
12.  Suku terasing di Indonesia diantaranya adalah … .
a.       Sakai, Baduy dan Nias
b.      Saki, Laut dan Batak
c.       Punan, Taijo dan Sawu
d.      Sakai, Punan dan Tugutil
e.       Bugis, Taijo dan Toraja
13.  Lingkungan profesi melakukan kelompok sosial atas dasar pekerjaan di dalam masyarakat yang ditandai dengan adanya perbedaan-perbedaan dalam … .
a.       mata pencaharian
b.      orientasi nilai budaya
c.       kehidupan peradaban
d.      adat istiadat
e.       cara hidup
14.  Lingkungan pekerjaan melakukan kebudayaan … .
a.       kontemporer
b.      tradisional
c.       modern
d.      berdasar keahlian
e.       khusus
15.  Kontak dengan kebudayaan asing terjadi karena kondisi masyarakat Indonesia yang sangat heterogen dan bersifat … .
a.       terbuka
b.      tertutup
c.       tradisional
d.      bersahaja
e.       modern
16.  Kontak dengan budaya asing terjadi melalui unsur-unsur berikut :
1.         perdagangan
2.         penyebaran agama
3.         peperangan
4.         perembesan kebudayaan
5.         sarana komunikasi
Jawaban yang benar adalah … .
a.   1, 2 dan 3
b.   1, 2 dan 4
c.   2, 3 dan 4
d.  2, 4 dan 5
e.  3, 4 dan 5
17.  Keberagaman budaya yang dimiliki oleh suku-suku bangsa merupakan … .
a.       potensi konflik antar suku
b.      sumber dan kekayaaan budaya
c.       penghambat proses integrasi
d.      kekuatan terpendam yang tidak ternilai
e.       penghambat hubungan antar bangsa
18.  Setiap daerah memiliki lagu daerah dan tarian daerah atau tarian tradisional seperti tarian Bedoyo dan Serimpi yang berasal dari daerah … .
a.       Jakarta
b.      Jawa Barat
c.       Jawa Tengah
d.      Daerah Istimewa Yogyakarta
e.       Jawa Timur
19.  Berbagai rumah adat di daerah-daerah Indonesia juga beragam bentuknya seperti rumah adat Lamin dari daerah … .
a.       Kalimantan
b.      Kalimantan Barat
c.       Kalimantan Tengah
d.      Kalimantan Timur
e.       Kalimantan Selatan
20.  Jawa Tengah memiliki ragam budaya kesenian tradisional seperti tari Gambyong berasal dari daerah … .
a.       Semarang
b.      Surakarta
c.       Magelang
d.      Boyolali
e.       Klaten
1.      Soal Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Deskripsikan mengapa kehidupan masyarakat selalu berkaitan dengan kebudayaan!
2.      Identifikasikan faktor-faktor penyebab keberagaman kebudayaan!
3.      Berilah bukti bahwa setiap suku bangsa memiliki kebudayaan sendiri yang berbeda satu dengan lainnya.
4.      Jelaskan mengapa setiap suku bangsa memiliki pola-pola adaptasi kebudayaan tersendiri terhadap lingkungan!
5.      Jelaskan perbedaan pola-pola adaptasi suku bangsa yang tinggal di daerah pantai dengan daerah pegunungan!
6.   Jelaskan mengapa lingkungan sosial dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian individu!
7.    Deskripsikan lingkungan budaya masyarakat kita!
8.    Jelaskan bagaimana lingkungan budaya masyarakat daerah terasing!
9.    Deskripsikan bagaiman kontak dengan kebudayaan asing dapat terjadi?
10.  Berilah contoh kebudayan lokal yang ada di msyarakat tempat tinggal kalian!

Soal IPS XI TKR 2 ke-2

1.      Soal Pilihan!
I.        Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang tepat!
1.   Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Kesempurnaan tersebut karena dilengkapi sang pencipta dengan akal, nurani dan kehendak sehingga manusia disebut sebagai makhluk … .
a.   berbudaya
b.   sosial
c.   individu
d.   penguasa
e.   sempurna
2.   Kebudayaan merupakan hasil dari … .
a.   akal sebagai daya cipta
b.   nurani sebagai daya rasa
c.   cipta karsa dan rasa manusia
d.   tindakan manusia
e.   pengetahuan manusia
3.  Menurut Koentjaraningrat kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan … .
a.    bekerja
b.   belajar
c.    berbuat
d.   beriman
e.    berbudaya
4.   Manusia dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang erat dan tidak dapat dipisahkan sehingga disebut … .
a.   universal
b.   tunggal ika
c.   dwi muka
d.   dwi tunggal
e.   petunjuk hidup
5.    Salah satu ciri kebudayaan adalah selalu bersifat … .
a.       majemuk
b.      kompleks
c.       teratur
d.      statis
e.       dinamis
6.      Budaya lokal pada umumnya bersifat … .
a.       tradisional
b.      modern
c.       sentral
d.      nasional
e.       abstrak
7.      Wujud kebudayaan ideal (abstrak) dinamakan … .
a.       sistem sosial
b.      sistem budaya
c.       mentifak
d.      sosifect
e.       perilaku
8.      Isi dari semua kebudayaan yang ada di dunia adalah … .
a.          adat istiadat yang memiliki nilai etika
b.         rangkaian aktivitas manusia dalam masyarakat
c.          pola-pola perilaku dari anggota masyarakat
d.         kebudayaan kebendaan hasil karya manusia
e.          tujuh unsur pokok budaya universal
9.      Tondi, Sahala dan Begn merupakan konsep kepercayaan tradisional yang dianut suku bangsa … .
a.    Batak
b.   Minagkabau
c.    Sunda
d.   Jawa
e.    Bali
10.  Bentuk rumah adapt Inuasan, Joglo dan Serontong merupakan budaya lokal dari … .
a.          Jambi
b.         Padang
c.          Jawa Tengah
d.         Bali
e.          Nusa Tenggara Timur
11.  Kaharingan merupakan system kepercayaan yang dianut oleh masyarakat … .
a.       Sawu
b.      Dayak
c.       Bali
d.      Bugis
e.       Dani
12.  Ugi merupakan bahasa daerah yang dipergunakan oleh suku … .
a.       Dayak
b.      Sawu
c.       Bugis
d.      Makasar
e.       Dani
13.  Tsyem merupakan rumah adat dari suku … .
a.       Dani
b.      Asmat
c.       Bugis
d.      Dayak Ngaju
e.       Dayak Piman
14.  Perubahan Kebudayaan akan berjalan secara terus menerus tergantung pada ….
a.       dinamika masyarakatnya
b.      interaksi budaya
c.       sistem informasi dan komunikasi
d.      norma dan nilai sosial
e.       pola-pola kebudayaan
15.  Pembauran kebudayaan dewasa ini semakin dipercepat degan berlangsungnya … .
a.       perang dingin
b.      globalisasii
c.       kolonialisasi
d.      imperialisme
e.       modernisasi
16.  Proses perubahan masyarakat dan kebudayaan dari masyarakat dan kebudayaan tradisional ke masyarakat dan kebudayaan modern dalam segala aspeknya disebut … .
a.       pembauran budaya
b.      perubahan budaya
c.       penetrasi budaya
d.      modernisasi budaya
e.       kegoncangan budaya
17.  Proses penyebaran atau perembesan suatu unsur kebudayaan dari satu pihak pada pihak lain dinamakan … .
a.       difusi
b.      penetrasi
c.       akulturasi
d.      amalgamasi
e.       asimilasi
18.  Proses difusi berlangsung melalui … .
a.       modernisasi
b.      perubaaan sosial
c.       cara kekerasan
d.      kontak dengan budaya asing
e.       meniru (imitasi)
19.  Proses akulturasi berlangsung dalam jangka waktu … .
a.       cepat
b.      singkat
c.       terbata
d.      perlahan
e.       relatif lama
2.      Soal Uraian
I.                   Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.      Jelaskan pengertian kebudayaan menurut Selo Sumarjan!
2.      Jelaskan mengapa manusia dengan kebudayaan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya!
3.      Diskusikan fungsi kebudayaan bagi kehidupan.
4.      Identifikasikan ciri-ciri kebudayaan.
5.      Diskusikan tiga wujud kebudayaan.
6.      Jelaskan unsur-unsur kebudayaan universal
7.      Berilah contoh 3 (tiga) macam budaya lokal di Indonesia.
8.      Identifikasikan dampak yang ditimbulkan dan masuknya budaya asing!
9.      Deskripsikan 3 (tiga) proses terjadinya hubungan antar budaya.
10.  Identifikasikan faktor-faktor yang menyebabkan unsur budaya asing mudah diterima!

Soal IPS XI TKR 2 ke-1


I.                Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.      Manusia makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna karena dilengkapi dengan akal, nurani dan kehendak yang terdapat pada jiwa manusia sehingga manusia disebut sebagai makhluk … .
2.      Manusia dapat menilai berbagai fakta, peristiwa atau sesuatu yang dianggap baik dan benar dan diterima sebagai nilai kebenaran atau nilai kenyataan hal ini menunjukkan manusia memiliki … .
3.      Perasaan religius adalah perasaan yang berkaitan dengan … .
4.      Kebudayaan merupakan hasil dari … , … dan … .
5.      Manusia dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang sangat erat sehingga disebut sebagai … .
6.      Budaya yang pada umumnya bersifat tradisional dan masih dipertahankan dinamakan … .
7.      Unsur-unsur kebudayaan universal terdiri dari … unsur.
8.      Kebudayaan manusia bersifat dinamis karena selalu mengalami … .
9.      Penetrasi budaya menyebabkan pengaruh kebudayaan asing sedemikian rupa sehingga menimbulkan perubahan kebudayaan secara besar-besaran dalam waktu … .
10.  Proses penyebaran atau perembesan suatu unsur kebudayaan dari satu pihak kepada pihak lain dinamakan … .
Pertanyaan :
1.      Berilah 3 contoh pengaruh budaya asing.
2.      Sebutkan dampak yang ditimbulkan akibat masuknya budaya asing!
3.      Upaya apakah yang harus kita lakukan agar pengaruh budaya asing tidak merusak kebudayaan bangsa Indonesia!
Lakukan diskusi masing-masing kelompok yang terdiri dari 5 orang.
Hasil diskusi dikumpulkan seminggu kemudian!

Selasa, 03 Mei 2011

POTENSI KEBERAGAMAN YANG ADA DI MASYARAKAT SETEMPAT DALAM KAITANNYA DENGAN BUDAYA NASIONAL
BAB I PENDAHULUAN
Modul yang akan kalian pelajari akan mengantarkan kalian untuk mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di msyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional. Adapun ruang lingkup materi mencakup : faktor-faktor penyebab keberagaman budaya, manfaat keberagaman budaya, contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat.
Modul ini berkaitan dengan modul lainnya yaitu berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya. Hasil belajar yang akan kalian capai setelah mempelajari modul ini diharapkan mampu :
1.      Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keberagaman budaya.
2.      Menganalisis manfaat keberagaman budaya.
3.      Mendeskripsikan contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat.
Adapun manfaat yang akan kalian peroleh setelah menguasai kompetensi dasar dalam modul ini setelah kelak di dunia kerja adalah :
1.         Memahami akan keberagaman budaya dalam lingkungan kerja baik dalam cara hidup, sikap.
2.      Menghormati adanya keberagaman budaya di lingkungan pekerjaan
3.      Mematuhi budaya kerja
BAB II. PEMBELAJARAN
1.      Bagaiman Rencana Belajar Siswa?
Siswa diharapkan mampu membuat rencana belajar yang mencakup hal-hal berikut :
1. Jenis Kegiatan : Memahami dan menganalisis materi secara individu dan kelompok.
2. Jam : Disesuaikan kondisi jam pembelajran, sekitar 8 jam (4 x pertemuan)
3. Tempat Pencapaian : Disesuaikan kondisi di kelas dan di perpustakaan
1.      Apa Kegiatan Belajarnya
1.      Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya.
2.      Berdiskusi kelas tentang manfaat keberagaman budaya
3.      Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat.
TAMBAHAN BAB 7
1.      Keberagaman kebudayaan
Alinea 1.
Manusia dengan akalnya menciptakan kebudayaan untuk melindungi diri dan memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Melalui kebudayaan pula manusia memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan makan, pakaian, obat-obatan, perumahan dan kebutuhan lainnya.
Manusia sebagai makhluk sosial, dalam melakukan interaksi dengan individu lain atau dengan kelompok lain manusia mempergunakan budaya seperti bahasa, sopan santun dan adat istiadat tertentu sehingga tercipta tata pergaulan yang harmonis dan saling bekerja sama.
1.      kehidupan masyarakat …
2. Mengingat lingkungan alam dan sosial budaya manusia berbeda satu sama lain maka
TAMBAHAN MATERI MODUL 7
Contoh Budaya lokal di masyarakat

1.            Tradisi Dugderan di Kota Semarang
Tradisi dugderan ikut menyemarakkan datangnya bulan puasa khususnya di Kota Semarang. Dengan mengusung warak ngendhog sebagai ikonnya, yaitu binatang yang bentuknya menyerupai persilangan naga dan kuda yang dilengkapi dengan sebutir endhog (telur). Tak hanya itu saja, kerajinan kapal dan othok-othok selalu diidentikkan dengan tradisi ini. Semua barang tersebut tentu akan sulit dijumpai di hari-hari biasa. Selain di seputar Semarang, banyak pula pedagang yang berasal dari luar kota hanya untuk mengadu peruntungan. Diantaranya dari Brebes, Jepara, Sidoarjo, dan masih banyak lagi.
Sebagai warga Semarang, tentu merasa bangga karena mempunyai tradisi unik yang patut untuk dilestarikan.
1.      Kentrung
Tradisi Lisan
Kentrung merupakan salah satu jenis seni tutur atau tradisi lisan yang berkembang di wilayah di Jawa. Lazimnya, kentrung dimainkan seorang dalang, didukung peranti tabuh seperti kendang, rebana, ketipung, atau jidor. Pada zaman keemasannya, dekade 1970-1980-an, kentrung acap ditanggap untuk menyemarakkan hajatan pupak puser (puputan), selapanan bayi, mudhun lemah, atau khitanan. Namun belakangan, kentrung sebagai salah satu kekayaan budaya masyarakat tak pernah hilang. Hal itu amat bergantung pada ada atau tidak seniman yang melestarikan serta dukungan masyarakat penonton sebagai pemilik sah kesenian tersebut. “Dhasare niku pengin nguri-uri. Eman-eman menawi kentrung ical. Dados, nggih ngentrung sakgaduk-gaduk kula.”
1.                                 Tradisi Nyadran di Ngipik, Desa Mayungsari Kecamatan Bener Purworejo
Area lading dan persawahan di Dusun Ngipik, Desa Mayungsari, Kecamatan Bener, Purworejo kemarin tak seperti biasanya. Sepi dan lengang dengan semilir angin pagi yang menawarkan nafas kedamaian dari daerah di lereng perbukitan tersebut.
Di perempatan dekat balai desa, jalan konblok menuju makam tampak ramai orang. Sebagian besar kaum adam mengenakan pakaian muslim ala Indonesia lengkap dengan peci. Hanya sebagian kecil kaum hawa.
Satu sama lain saling berjabat tangan sembari basa-basi menanyakan kabar. Terutama bagi mereka yang baru pulang dari perantauan. Acara itu seakan menjadi ajang kangen-kangenan.
Sejurus kemudian, mereka turun ke area pemakaman yang memang letaknya di dataran bawah. Sebuah pusara besar sejenis makam berada di dalam sebuah gubug. Di bagian pinggir, lembaran-lembaran tikar telah disiapkan sebagai tempat duduk. Dan beberapa saat pusara tersebut telah dikelilingi oleh ratusan orang.
Itulah prosesi awal ritual nyadran yang sudah mentradisi di kalangan warga Dusun Ngipik. Kegiatan yang diyakini sakral dan berbalut dengan nilai-nilai magis-historis ini dilakukan secara rutin setiap tahun.
“Nyadran ini menjadi bukti rasa bakti kita kepada leluhur yang pertama kali membuka desa ini.” Pusara yang diziarahi itu diyakini sebagai makam leluhur warga desa setempat. Yakni Mbah Sodong Joyo. “Beliau yang pertama kali babat alas sehingga terbentuklah desa ini, “ katanya.
Dia tidak mengetahui persis kapan pusara itu mulai ada di makam tersebut. Hanya saja, berdasarkan hikayat yang diturunkan dari setiap generasi, pusara Mbah Sodong Joyo itu sudah ada sejak ratusan tahun.
“Dari kecil kami diajari orang tua kami agar setiap menjelang bulan puasa nyadran dulu satu dusun ke makam Mbah Sodong Joyo. Akhirnya terus berlangsung. Mbah Sodong Joyo hidup pada masa kerajaan Mataram.
“Entah misinya apa sampai tempat ini yang konon dulunya masih hutan. Kemudian dibuka dan dibangun sebuah desa bernama Mayungsari.
Mbah Sodong Joyo sebenarnya memiliki istri bernama Sodongan yang pusaranya berada di Borobudur, Magelang. Diungkapkan Suparno, dua pusara di Ngipik dan Borobudur diketahui memiliki hubungan baru sekitar 8 tahun yang lalu. “Ternyata suami istri, “ katanya.
Sudah menjadi tradisi kegiatan nyadran ini dilakukan pada hari Kamis kedua pada bulan Sya’ban.
Rangkuman
1.      Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya adalah :
1.      kemajemukan suku bangsa ;
2.      lingkungan ; dan
3.      kontak dengan kebudayaan asing
2.      Setiap suku bangsa memiliki kebudayaan sendiri yang berbeda dengan suku bangsa lain.
3.      Kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidup didukung oleh lingkungan sekitar yang meliputi :
1.      lingkungan alami
2.      lingkungan sosial ; dan
3.      lingkungan budaya
4.      Kontak dengan budaya asing terjadi melalui :
1.      perdagangan
2.      penyebaran agama
3.      peperangan
5.      Keberagaman budaya yang kita miliki merupakan kekayaan budaya dan kekayaan bersama bangsa yang tidak ternilai harganya.
6.      Menghargai kebudayaan masyarakat lain yang berbeda menjadi kewajiban setiap warga masyarakat.
7.      Contoh kebudayaan lokal di masyarakat setempat dapat berupa : tarian, lagu, rumah adat, tradisi, alat musik, kesenian, pahat, ukir, patung.
Ayo Mengerjakan Tugas!
Lakukan diskusi kelompok mengenai manfaat keberagaman budaya sebagai potensi memperkaya kebudayaan nasional.
Setelah selesai berdiskusi, buatlah laporan hasil diskusi dan presentasikan di depan kelas dengan bimbingan guru.
Lembar Kerja
Tugas Individu!
Buatlah karya tulis mengenai contoh-contoh budaya lokal yang ada di masyarakat sekitar tempat tinggal kalian.
MODUL 8
BERBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN MASALAH AKIBAT ADANYA KEBERAGAMAN BUDAYA
BAB I PENDAHULUAN
  1.  
1.      Apa Yang Dipelajari?
Modul yang kalian pelajari ini akan mengantarkan kalian untuk mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya. Adapun ruang lingkup materi mencakup masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya; pentingnya integrasi nasional, peran masyarkat dalam menjaga keselarasan antar budaya peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antar budaya.
Modul ini berkaitan dengan modul lainnya mengenai menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya. Hasil belajar yang akan kalian capai setelah mempelajari modul ini diharapkan kalian akan mampu :
1.      Menjelaskan masalah-masalah yang muncul akibat adanya keberagaman budaya.
2.      Mendeskripsikan pentingnya integrasi nasional
3.      Mengidentifikasi peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antar budaya
4.      Mengidentifikasi peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antar budaya
Adapun manfaat yang akan kalian peroleh setelah menguasai kompetensi dasar dalam modul ini kelak di dunia industri.
1.      menyadari adanya keberagaman budaya yang dimiliki oleh para karyawan
2.      mampu menyelesaikan masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
3.      mampu menjaga keselarasan antar budaya.
BAB II PEMBELAJARAN
1.      Bagaimana Rencana Belajar Siswa?
Siswa diharapkan mampu membuat rencana belajar yang mencakup hal-hal berikut ini :
1. Jenis Kegiatan : Memahami dan mengidentifikasi materi secara individu dan kelompok
2. Jam : Disesuaikan dengan kondisi jam pembelajaran, sekitar 8 jam (4 x pertemuan)
3. Tempat Pencapaian : Disesuaikan kondisi di kelas dan di perpustakaan.
1.      Apa Kegiatan Belajarnya?
1.      Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
2.      Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi maksimal berdasarkan NKRI.
3.      Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antar budaya.
Rangkuman
1.      Keberagaman budaya menimbulkan masalah seperti :
1.      Konflik
2.      Desintegrasi (disorganisasi)
3.      Reintegrasi
4.      Masalah hubungan dengan penduduk pendatang
5.      Kecemburuan sosial terhadap kelompok lain
6.      Perasaan primordial
7.      Perbedaan yang sangat mencolok
8.      Rasa fanatik yang luas dan tidak rasional dalam mengamalkan ajaran agama
9.      Perbedaan tabiat, sopan santun diantara bangsa Indonesia
1.            Alternatif pemecahan masalah yang ditimbulkan oleh keberagaman agama.
1.      mengendalikan agar konflik tidak berubah wujud menjadi kekerasan
2.      mengembangkan perasaan saling menghargai
3.      mengikis habis ciri stereotip etnik maupun sifat etnosentris.
4.      Mengembangkan sikap toleransi yang tinggi antar umat beragama
5.      Mengembangkan berbagai pola hubungan dalam masyarakat multikultural seperti :
1.            asimilasi
2.            self segregation
3.            integrasi
4.            pluralisme
2.                     Integrasi rasional bangsa Indonesia adalah hasrat dan kesadaran untuk bersatu sebagai satu bangsa yakni bangsa Indonesia.
3.      Langkah-langkah menuju integrasi
1.      mengembangkan konsensus
2.      mengembangkan peran struktur masyarakat
3.      upaya pemerintah menciptakan integrasi
1.   Perwujudan integrasi nasional melalui :
2.      pakaian
3.      bahasa
4.      lambang dan identitas kebangsaan
5.      perilaku dan
6.      lembaga
1.         Dalam menjaga keselarasan antar budaya diperlukan peran masyarakat dari pemerintah.
Mari Mengerjakan Tugas!
Lakukan diskusi kelompok mengenai masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
Setelah kalian berdiskusi buatlah laporan hasil diskusi.
Lembar Kerja
Isilah kolom-kolom berikut ini!
No
Menjaga keselarasan antar budaya
Peran dalam menjaga keselarasan antar budaya
1
2
Masyarakat
Pemerintah
……………………………………………………
……………………………………………………
MODUL 9
SIKAP TOLERANSI DAN EMPATI SOSIAL TERHADAP KEBERAGAMAN BUDAYA
BAB I PENDAHULUAN
Modul ini akan mengantarkan kalian untuk menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya. Adapun ruang lingkup materi mencakup : menghargai budaya orang lain dan menjaga dan melestarikan budaya lokal.
Hasil belajar yang akan kalian capai setelah mempelajari modul ini diharapkan mampu :
1.      menunjukkan dalam sikap sehari-hari tentang menghargai budaya orang lain.
2.      menunjukkan beberapa sikap kritis yang harus dikembangkan dalam masyarakat multikultural
3.      memberi contoh sikap-sikap menghargai kebudayaan orang lain yang berbeda
4.      menunjukkan dalam kehidupan sehari-hari menjaga dan melestarikan budaya lokal
Adapun manfaat yang akan kalian peroleh setelah menguasai kompetensi dasar ini kelak di dunia industri adalah :
1.      mampu bersikap menghargai kebudayaan orang lain di lingkungan kerja
2.      mampu menjaga budaya organisasi di tempat kerja
  1.  
BAB II PEMBELAJARAN
1.      Bagaimana Rencana Belajar Siswa?
Siswa diharapkan mampu membuat rencana belajar yang mencakup hal-hal berikut ini :
1. Jenis Kegiatan : memahami dan menganalisis materi secara individu
2. Jam : disesuaikan kondisi jam pembelajaran sekitar 6 jam (6 x pertemuan)
3. Tempat pencapaian : disesuaikan kondisi kelas
1.      Apa Kegiatan Belajarnya?
1.      Simulasi tentang sikap menghargai budaya orang lain
2.      Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal
RANGKUMAN
1.      Bangsa Indonesia memiliki keberagaman budaya yang merupakan potensi dalam menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
2.      Dalam kehidupan masyarakat multikultural menghargai budaya orang lain yang berbeda adalah kewajiban setiap warga masyarakat.
3.      Sikap toleransi dan empati sosial setiap anggota masyarakat sangat penting dalam masyarakat multikultural.
4.      Toleransi sosial adalah sikap yang menghargai perbedaan-perbedaan sosial yang terdapat dalam masyarakat.
5.      Empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasikan dirinya dalam keadaan, perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.
6.      Dalam mengembangkan sikap saling memahami dan saling menghargai antar individu atau kelompok yang beranekaragam dengan mengedepankan komunikasi dan dialogis yang bersifat antar individu dan kelompok tersebut.
7.      Kebudayaan nasional diambil dari puncak-puncak prestasi budaya daerah (lokal) sehingga budaya lokal perlu dijaga, dipelihara dan dilestarikan sehingga dapat memperkuat dan memperkaya keberagaman budaya bangsa.
Ayo Mengerjakan Tugas
Lakukan diskusi bersama dalam kelompok “Sikap-sikap apakah yang kita perlukan dalam menyikapi masyarakat Indonesia yang multikultural?”
Setelah selesai berdiskusi, buatlah pelaporan hasil diskusi dan presentasikan di depan kelas dengan bimbingan guru!
Lembar Kerja
Isilah kolom-kolom berikut ini.
No
Sikap
Contoh dalam kehidupan
1
2
3
Toleransi sosial
Empati sosial
Cinta tanah air
………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..